Friday , 28 November 2014
Berita Terbaru

Karangan Militer Perwira Menengah

Optimalisasi Penyelenggaraan RTRW Hanrat Dalam Rangka Menyiapkan Dan Mewujudkan Sishanta Pada Masa Damai

 

Abstraksi.  “Penataan ruang saat ini belum dapat diwujudkan sesuai dengan kepentingan pertahanan, karena belum adanya sinkronisasi antara RTRW Hanrat dan RTRW Pemerintah, bahkan sering berbenturan dengan kepentingan pembangunan di daerah.Kepentingan-kepentingan pertahanan masih kurang terwadahi dan tidak terakomodasi dalam RTRW yang disusun oleh Pemerintah Daerah. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut ditentukan dengan adanya aspek legalitas dan kerjasama yang harmonis antara Kowil dan Pemerintah Daerah. Lemahnya pemberdayaan sistem, aspek kelembagaan, kompetensi sumber daya manusia dan keterbatasan dukungan anggaran merupakan faktor-faktor penghambat dalam mewujudkan RTRW Hanrat yang berdayaguna dan berdayasaing”.   

Download PDF

 

Konsepsi Penyelenggaraan RUTR Wilayah Pertahanan Dalam Rangka Menghadapi Perkembangan Ancaman Masa Kini

      Konsepsi Pemberdayaan Wilayah Pertahanan disusun berdasarkan Rencana Umum Tata Ruang Nasional (RUTR Nasional) dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Pemerintah Daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang implementasinya diwujudkan dalam Rencana Umum Tata Ruang Wilayah Pertahanan (RUTR Wilhan) baik dalam tataran Nasional maupun Daerah. RUTR Wilhan khususnya Pertahanan Negara  secara tersirat termasuk dalam kriteria pengklasifikasian Kawasan Tertentu (Khusus), yaitu merupakan kawasan yang ditetapkan secara nasional mempunyai nilai strategis karena mempunyai pengaruh yang sangat penting secara nasional terhadap kedaulatan negara, pertahanan dan keamanan negara, ekonomi, sosial budaya, dan/atau lingkungan (Undang-Undang RI No. 26 Tahun 2007, Pasal 1). Dalam rangka penataan RUTR Wilhan harus benar-benar memperhatikan pemanfaatan dan penggunaan ruang wilayah Nusantara secara efektif dan efisien dalam rangka tetap menjaga kesatuan dan keutuhan serta tetap tegaknya NKRI, khususnya dalam rangka tercapainya kesejahteraan seluruh masyarakat dalam kondisi aman dan tenteram menuju masyarakat adil dan makmur.

Download PDF

Konsepsi Penyelenggaraan Komsos Untuk Menyiapkan Alat Juang yang Tangguh Dalam Rangka Mencegah Terorisme di Daerah

TNI Angkatan Darat sebagai bagian dari TNI memiliki tugas Pokok “menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara”  di wilayah daratan.

Sedangkan untuk tugas-tugas sesuai kematraan antara lain ; melaksanakan tugas TNI matra darat di bidang pertahanan yaitu dengan melakukan OMP dan OMSP; melaksanakan tugas TNI dalam menjaga keamanan wilayah perbatasan darat dengan negara lain; melaksankan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra darat; serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat. Dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan tugas-tugas sesuai kematraan diatas, maka TNI Angkatan Darat menyelenggarakan fungsi utama, fungsi organik militer, fungsi organik pembinaan, fungsi teknis militer umum, fungsi teknis militer khusus serta fungsi khusus.

Download PDF

Scroll To Top