Skip to main content
Kodam XVII/Cenderawasih

Kodam XVII/Cenderawasih Melestarikan Budaya Papua Melalui Penggunaan Batik Papua

Dibaca: 818 Oleh 22 Nov 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Prajurit Ksatria Pelindung Rakyat Kodam XVII/Cenderawasih lestarikan budaya Papua melalui penggunaan baju batik khas Papua setiap hari Jumat setelah pelaksanaan kegiatan olah raga. Jumat, 21/11.

Penggunaan pakaian batik khas Papua merupakan perintah Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G. Siahaan. Pangdam memerintahkan setiap personel Militer dan PNS Kodam XVII/Cenderawasih untuk satuan di Makodam, balak-balak se-Jayapura dan satuan Kowil jajaran Kodam XVII/Cenderawasih menggunakan baju batik Papua dengan ketentuan sebagai berikut :

1.         Bagi pria menggunakan baju batik khas Papua lengan pendek, celana kain warna hitam.

2.         Bagi wanita menggunakan baju batik khas Papua lengan pendek, rok/celana kain warna hitam.

3.         Bagi wanita yang berjilbab menggunakan baju batik khas Papua lengan panjang, rok/celana kain warna hitam.

4.         Menggunakan sepatu hitam dan papan nama PDH terpasang pada dada sebelah kanan.

5.         Penggunaan pada setiap hari Jumat setelah kegiatan olahraga.

Batik merupakan warisan leluhur yang sudah mendunia, salah satu bukti pengakuan yang berasal dari United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) yang merupakan badan dunia dalam bidang budaya dan pendidikan. Pengakuan batik UNESCO menyatakan bahwa batik adalah warisan dunia yang merupakan salah satu budaya dan identitas asli Indonesia. Sudah selayaknya sebagai prajurit TNI AD di Kodam XVII/Cenderawasih turut serta melestarikan warisan dunia tersebut.

Baca juga:  Keramahan Suku-Suku Di Kepulauan Agats, Merupakan Ciri Budaya Bangsa

Diharapkan pengguanan baju batik khas Papua dapat menggugah semangat setiap prajurit Ksatria Pelindung Rakyat Kodam XVII/Cenderawasih akan kecintaan akan budaya Papua. Dengan penggunaan baju batik khas Papua setiap hari Jumat dapat melestarikan budaya Papua terutama batik Papua, sehingga kelestarian batik khas Papua dapat terjaga dan sekaligus bukti nyata peran Kodam XVII/Cenderawasih untuk menjaga Papua menuju Papua bangkit, mandiri dan sejahtera.(Prd/Cen)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel