Skip to main content
Kodam VI/Mulawarman

ANGGOTA KODIM 1004/KOTABARU BANTU EVAKUASI PUING PESAWAT

Dibaca: 187 Oleh 22 Jan 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

(Kotabaru). Seorang nelayan warga Desa Tanjung Nyiur Pulau Gosong Panjang RT 03 Kec. Pulau Sembilan Kab. Kotabaru bapak Sunding umur 38 tahun menemukan serpihan yang menyerupai bentuk moncong pesawat berwarna putih berdiameter ± 1 meter yang diduga merupakan serpihan dari pesawat AirAsia QZ8501, serpihan ditemukan di Perairan Kec.Pulau Sembilan Kab. Kotabaru, Prov. Kalsel 4 Mil arah timur Pulau Marabatuan.

Mengetahui benda yang ditemukan adalah serpihan pesawat maka nelayan tersebut segera melaporkan kepada Polsek serta Koramil setempat dan mengamankan serpihan tersebut di Mapolsek Pulau Sembilan Polres Kotabaru dibantu oleh aparat setempat.

Penemuan serpihan tersebut pada hari Senin sore tanggal 19 Januari 2015 sekitar pukul 17.00 WITA, dimana nelayan tersebut ingin pulang usai mencari ikan di laut menggunakan perahu. Mendapat laporan bahwa telah ditemukannya serpihan pesawat diperairan Kec. Pulau Sembilan, maka aparat setempat melaksanakan evakuasi menggunakan kapal Polair dari Kec. Pulau Laut Utara menuju Kec. Pulau Sembilan.

Setelah melakukan perjalanan panjang dengan cuaca buruk, akhirnya Tim Evakuasi berhasil bersandar di Pelabuhan Panjang Kab. Kotabaru pada hari Rabu tanggal 21 Januari 2015 pukul 10.00 WITA dan dilaksanakan penyerahan serpihan oleh Pihak Polair Kotabaru kepada Basarnas Kotabaru, penyerahan dihadiri oleh Kapolres Kotabaru AKBP Rizal Irawan, Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Bagus Handoko dan Kasdim 1004/Ktb Mayor Inf Ilham Yunus.

Baca juga:  Dandim 1002/HST Ikuti Kirab Kemerdekaan HUT RI ke-78

Selanjutnya Serpihan dibawa ke Posko Bersama Pencarian Korban Pesawat Airasia QZ8501 di kantor Basarnas Kotabaru untuk langkah evakuasi berikutnya berkoordinasi dengan KNKT dan Pos Induk, penyerahan puing tersebut dibantu oleh pihak Kodim 1004/Ktb, Polres Kotabaru, Lanal Kotabaru dan Basarnas Kotabaru.

Kasdim 1004/Ktb Mayor Inf Ilham Yunus mewakili Dandim 1004/Ktb mengerahkan anggota guna membantu pelaksanaan evakuasi penemuan serpihan pesawat yang ditemukan oleh nelayan, serta menyiagakan anggota Kodim 1004/Ktb Rem 101/Ant guna membantu setiap kegiatan evakuasi di wilayah Kodim 1004/Kotabaru sebagai wujud kepedulian antar sesama.
(Kodim 1004/Ktb)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel