Skip to main content
Kodam VI/Mulawarman

Presiden Ri Tanam Pohon Di Tahura Sultan Adam Wil Korem 101/ant

Dibaca: 97 Oleh 27 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat
Banjar, (27/11) Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Menteri LH, Pejabat Gubernur Kalsel beserta unsur FKPD Kalsel, Pangdam VI/Mulawarman dan para undangan dari berbagai forum kebangsaan  menghadiri acara peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, Bulan Menanam Nasional dan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional tahun 2015. yang digelar di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam di Desa Mandiangin Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Kamis, 26 November 2015.
Dalam kesempatan itu, Presiden dan Ibu Negara bersama ratusan siswa SD melakukan rehabilitas awal dengan menanam 10.000 pohon. Jokowi menanam pohon Tengkawang, sementara Ibu Negara menanam pohon Kasturi.‎‎ Bahkan, Presiden sempat menaiki Bukit Tahura untuk melihat penanaman pohon.
Menurut Jokowi, Tahura perlu direhabilitasi karena dari luas 1‎16 ribu hektar, lahan yang terbakar mencapai 105 hektar. Untuk itu, kata Presiden, perlu rehabilitasi dengan diawali penanaman10.000 pohon. “Hari ini 2000 pohon ditanam secara serentak. Sebanyak 8000 pohon sisanya ditanam sejak tanggal 23 Nopember 2015,” ujar Presiden.
Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menanam pohon Gaharu seraya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama secara gotong royong turut membangun kembali hutan Indonesia dan ‎menggunakan momentum peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, Bulan Menanam Nasional dan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional tahun 2015 ini untuk menciptakan lingkungan yang berkualitas sehingga ” Indonesia sebagai sumber keanekaragaman hayati dan paru-paru dunia dapat kembali berjaya,” kata Presiden. Sebelum menyampaikan sambutan, Presiden Jokowi menyerahkan penghargaan kepada gubernur, bupati, dan wali kota pemenang lomba Penanaman Pohon tahun 2014 Tingkat Nasional serta kepada pelaku usaha, perguruan tinggi, sekolah, koperasi dan masyarakat yang telah berperan aktif dan nyata dalam kegiatan tanam dan pelihara pohon.
Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan Juara Umum Lomba Warna Lestari Tahun 2015, Penyematan Tanda Kehormatan Setya Lancana Pembangunan dan Penandatanganan Sampul Hari Pertama Perangko Seri Puspa dan Satwa. Pemenang Lomba Penanaman Pohon Tahun 2014 Tingkat Provinsi adalah Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Jawa Barat, dan Gubernur Aceh. Untuk Tingkat Kota diraih oleh Walikota Kotamobagu, Walikota Tanjung Pinang, dan Walikota Surabaya. Bupati Hulu Sungai Selatan, Bupati Deli Serdang, dan Bupati Lebak menjadi pemenang untuk tingkat Kabupaten.
Presiden juga menyaksikan penandatanganan Kesepahaman antara Menteri LHK dengan 9 pemuka/tokoh organisasi lintas agama untuk komitmen penyelamatan bumi dan lingkungan hidup.
Baca juga:  Satgas Yonif 131 Bersama Warga Bersihkan Jalan Kampung Baburia

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel