Skip to main content
Kodiklat

Katim Gumil/Tih Beserta Gumil Pusdikkes Berikan Materi Pengetahuan Kecabangan Kesehatan

Dibaca: 114 Oleh 09 Mei 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Magelang, (4/5) bertempat di Akademi Militer Magelang, Katim Gumil/Tih Pusdikkes Kodiklat TNI AD Letkol Ckm Indrajaya beserta 3 orang Gumil Pusdikkes Kodiklat TNI AD, memberikan Materi Pembelajarann tentang Pengetahuan Kecabangan Kesehatan TNI AD kepada Taruna  Akademi TNI. Pada Saat yang bersamaan Tim Pengajar Pusdikkes bersilaturahmi dengan Danjen Akademi TNI  Mayjen TNI Bayu Purwiyono

Kecabangan Kesehatan adalah salah satu Kecabangan Tekhnis TNI AD bertugas membina Kesehatan kesehatan prajurit,  PNS TNI AD, beserta keluarganya secara terus-menerus dan berkesinambungan agar dapat dicapai kondisi sehat fisik, jiwa, dan sosial yang berpengaruh terhadap kesiapan prajurit. Di tingkat Pusat dan Daerah terdapat Satuan Kesehatan yang operasionalnya dikendalikan oleh masing-masing pimpinannya seperti Kesehatan Kostrad, Kesehatan Kopassus, Kesehatan Kodam, di masing-masing Kesdam terdapat rumkit sesuai tingkatan mulai dari rumah sakit Tingkat II, III dan IV serta berbagai poliklinik induk, poliklinik pembantu dan pusat kesehatan.

Untuk satuan kesehatan lapangan di tiap Batalyon Infanteri terdapat satu Peleton Kesehatan dilengkapi seorang dokter yonif sebagai Perwira Staf Dan Yonif. Khusus untuk Kostrad telah dilengkapi dua Batalyon Kesehatan untuk Divisi I yaitu Yon Kes 1/Yudha Krida Husada (Yonkes) Divisi Infanteri 1/Kostrad di Ciluar, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, sedangkan pada Divisi 2, Yon Kes 2/Yudha Bhakti Husada (Yonkes) Divisi Infanteri 2/Kostrad di Karangploso, Malang. Batalyon Kesehatan (Yonkes) mempunyai kemampuan untuk menggelar Rumah Sakit Lapangan yang mampu memberikan pelayanan medis Spesialistik dengan kamar operasi dan fasilitas perawatan untuk 50 tempat tidur.

Baca juga:  Pusdikkes Laksanakan Sidang Wanhatdik Bagi Basis Diktukba TNI AD Tahap I Ta. 2016

Lembaga Pendidikan untuk membentuk personel Kesad adalah Pusat Pendidikan Kesehatan yang berada di bawah kendali Kodiklat TNI AD, sebagai tempat untuk menghasilkan personel la pangan dengan berbagai kemampuan khususnya di bidang kesehatan lapangan, sedangkan di beberapa lemdik, sudah dilengkapi dengan fasilitas kesehatan/poliklinik   (Penerangan Sdirum Kodiklat TNI AD)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel