Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

Apel Kesiapan Tanggulangi Karhutla di Mojokerto

Dibaca: 14 Oleh 30 Agu 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Mojokerto (29/08/2016), – Dandim 0815 Mojokerto, Letnan Kolonel Czi Budi Pamudji, memimpin Apel Bersama Kesiapan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Kab. Mojokerto, di Lapangan Graha PT. Haraka Kitri Indah (Horti) Ds. Jatidukuh Kec. Gondang Kab. Mojokerto.

Dalam amanatnya Letkol Czi Budi Pamudji menegaskan bahwa diperlukan sinergitas di lapangan dan kesiapsiagaan bersama dengan warga masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam tugas penanggulangan ini, untuk itu dipersiapkan alat komunikasi, kesiapan Sarpras dan kesiapan personel serta masing-masing pimpinan bagian atau unit kerja menyiapkan Sarpras sesuai SOP.

Selesai apel dilanjutkan paparan oleh Kepala Resort Polisi Hutan (KRPH) wilayah Kec. Gondang (Sdr. Sofiudin) yang menjelaskan bahwa wilayah hutan seluas 6.000 hektar, yang dibagi wilayah Perhutani dan wilayah Tahura yang berada di Gondang, sering kali terjadi kebakaran pring petung (Bambu Gombong) sehingga apabila ada kebakaran sulit ditangani karena tidak ada jalan menuju titik api tersebut dan kebakaran tersebut kebanyakan disebabkan dari aktifitas warga masyarakat diantaranya puntung rokok dari warga yang mencari madu, mencari kayu bakar, mencari bung (tunas bamboo) dan aktifitas lainnya.

Baca juga:  Tmmd Ke-96 di Mojokerto Ada Sasaran Tambahan, Perbaikan Jalan Menuju Ladang Di Dusun Mojoroto

Dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Mojokerto menambahkan bahwa sebelum kebakaran terjadi harus dilakukan pencegahan, karena kabakaran terjadi 90% disebabkan dari ulah manusia, jadi hanya 10% saja disebabkan dari alam. Maka dari itu harus dilakukan tindakan pencegahan diantaranya memberikan penyuluhan terhadap warga masyarakat agar tidak membuang puntung rokok di dalam hutan.
Hadir dalam apel tersebut pimpinan dan perwakilan beberapa instansi terkait diantaranya BPBD Kab. Mojokerto, Danramil 0815/18 Gondang Kapten Inf Suparno, Kapolsek Gondang, Camat Gondang, Perhutani,Tahura, Para Kades (Kades Gumeng, Begaganlimo, Dilem dan Ngembat serta warga masyarakat). (Penrem 082/CPYJ)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel