Skip to main content
Kodam XIV Hasanuddin

Di Era Globalisasi, Nilai-Nilai Pancasila Tetap Dipertahankan

Dibaca: 387 Oleh 30 Sep 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Menjelang Hari kesaktian Pancasila, Kodim 1402/Polmas Menggelar Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasila di hadapan bibuan Pelajar, Mahasiswa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Jumat (30/09).

Kegiatan sosialisasi nilai-nilai Pancasila yang dilaksanakan di gedung Polewali Mandar tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Mandar Ir Nasir Rahmat dan dihadiri Kadisdikpora Kab Polman diwakili Kabiddikmen H Muhiddin Mg, Ketua Komisi IV DPRD Kab Polman Fariduddin Wahid M.Si sekaligus memberikan materi singkat tentang peran generasi muda dalam memahami Pancasila.

Wakil Bupati sangat mengapresiasi kegiatan ini agar para generasi muda dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara. “Kalau konsensus ini kita amalkan, maka cita-cita kemerdekaan yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia akan tercapai,” ungkapnya.

Sementara itu Dandim 1402/Polmas Letkol Kav I Made Bagus Suraputra mengatakan penerapan nilai-nilai Pancasila untuk generasi muda seiring dengan pesatnya arus globalisasi harus ditanamkan sejak dini.

Dandim melanjutkan globalisasi adalah fenomena dimana batasan-batasan antar negara seakan memudar karena terjadinya berbagai perkembangan di segala aspek kehidupan, khususnya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan terjadinya perkembangan berbagai aspek kehidupan khususnya di bidang Iptek maka manusia dapat pergi dan berpindah ke berbagai negara dengan lebih mudah serta mendapatkan berbagai informasi yang ada dan yang terjadi di dunia.

Baca juga:  Turnamen Sepakbola Meriahkan HUT Kodam XIV/ Hasanuddin

Menurut Letkol Kav I Made Bagus Suraputra, globalisasi tidak selalu memberi dampak positif. Berbagai perubahan yang terjadi akibat dari globalisasi sudah sangat terasa, baik itu di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan teknologi informasi.

“Warga negara Indonesia diharuskan tetap menjaga kepribadian bangsa dalam menghadapi tantangan globalisasi, serta bisa mengambil hal-hal positif dengan tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai dasar Negara. Sebagai generasi muda kita harus bisa mempertahankan bangsa yang sudah dilanda maraknya suatu perubahan yang secara mengglobal ini, pesannya.

Disela sela kegiatan tersebut Dandim juga menegaskan tentang netralitas TNI pada Pemilukada yang sebentar lagi akan digelar di Sulawesi Barat. “Kegiatan ini dilaksanakan berkaitan dengan Hari kesaktian Pancasila dan tidak ada unsur Politik, Kami TNI sangat menjunjung tinggi netralitas. Siapapun nantinya yang terpilih maka itulah yang terbaik untuk kemajuan Sulawesi Barat,” ungkapnya.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel