Skip to main content
Berita Satuan

Panglima TNI Tegaskan Pulau Natuna Milik Indonesia

Dibaca: 3 Oleh 26 Sep 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Letak Pulau Natuna yang sangat strategis karena berada di dekat kawasan Laut China Selatan dan memiliki sumber daya alam yang luar biasa, menjadikan pulau itu diperebutkan banyak negara, seperti Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, dan China. Kondisi ini membuat kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI terganggu dan menuntut pemerintah untuk memperhatikan secara khusus keberadaan Pulau Natuna tersebut.

Setelah selesai memberikan orasi ilmiah dalam Dies Natalis Ke-53 Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto di Graha Widyatama Unsoed Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menegaskan bahwa Pulau Natuna berada di wilayah Indonesia sehingga mutlak milik Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Wilayah NKRI, enggak bisa dinegosiasi lagi, sudah utuh, dan harga mati,” jelas Panglima. Senin (26/9)

Pernyataan Panglima tersebut bukan tidak ada dasar, sesuai Deklarasi Djuanda tahun 1957 ditetapkan bahwa pulau-pulau terluar pada Gugusan Natuna tersebut dijadikan titik dasar terluar wilayah Indonesia. Bahkan, sesuai dengan Konvensi Hukum Laut 1982, titik dasar tersebut telah didaftarkan oleh Pemerintah Indonesia di Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2009.

Baca juga:  Safari Ramadhan Panglima Di Wilayah Bandung

Menurut Panglima TNI, TNI akan membangun pangkalan pesawat TNI Angkatan Udara, pangkalan kapal TNI Angkatan Laut, dan pangkalan TNI Angkatan Darat di pulau yang terletak di utara Indonesia. “Pangkalan sedang kita bangun di sana (Pulau Natuna) dan saya berharap pembangunan pangkalan tersebut akan selesai dalam dua hingga tiga tahun,” tegasnya. (Sumber : Kompas.com)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel