Skip to main content
Kodam Jaya

TMMD di Bekasi, Bangun Infrastruktur dan Penyuluhan

Dibaca: 6 Oleh 28 Sep 2016Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Setiap tahun  (TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)  selalu diadakan, tempatnya selalu berpindah – pindah, dari desa satu ke desa yang lain. Kegiatan ini mengedepankan kepentingan masyarakat dan juga implementasi kegiatan gotong royong secara utuh.

Karena lewat TMMD yang merupakan kegiatan lintas sektoral, bersama pemerintah daerah dan masyarakat, istilah  TMMD pernah terkenal dengan sebutan tent  ABRI Masuk Desa (AMD) pada dekade 1980-an.

Pelaksanaan TMMD ke-97 di Tahun 2016 ini, dilaksanakan di Kampung Bedeng, Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah. Kriteria yang dilaksanakan sama dengan lokasi tahun – tahun sebelumnya di Desa Sukasari, Kecamatan Sukakarya.

Sementara itu cara penentuan lokasi TMMD meliputi penerimaan proposal dari kepala desa, kemudian TNI mensurvey lokasi sesuai dengan proposal yang diajukan.  Setelah itu survey kedua dilaksanakan untuk menentukan lokasi.

Setelah survey sesuai dengan kriteria, maka rencana umum (renum) akan diajukan ke provinsi, termasuk alokasi anggaran. Bukan tidak mungkin desa-desa di wilayah kecamatan terluar seperti, Muaragembong, Cabangbungin, Bojongmangu, dan Pebayuran, juga akan menjadi lokasi bakti TNI.

Baca juga:  Anak Petani Tambak Udang Jadi Lulusan Terbaik Dikmata Rindam Jaya

“TMMD merupakan usaha dari wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ujar Dandim 0509/Kab Bekasi, Letkol Czi Zulhadrie S Mara, Selasa (27/9).

Dandim menjelaskan, TNI akan membangun infrastrukur berupa jalan sepanjang 1.000 meter dengan lebar 5 meter dan ketebalan 15 sentimeter. TNI juga akan memperbaiki sarana dan prasarana seperti mushola dan puskesmas.

“Bersamaan dengan itu kita juga melakukan kegiatan nonfisik, seperti penyuluhan tentang bela negara, wawasan kebangsaan dan juga bahaya narkoba kepada warga sekitar,” tandasnya.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel